Jumat, 15 Juli 2011

MPK

MPK SMA PGRI 3 BOGOR

1.Pengertian MPK

MPK dengan kepanjangan Majelis Perwakilan Kelas adalah suatu organisasi yang memiliki tingkat kedudukan diatas OSIS (Organisasi Intra Sekolah), MPK adalah organisasi yang bekerja dibalik layar, dalam artian tidak terjun langsung dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh OSIS atau sekolah. meskipun MPK bekerja dibalik layar, namun peran MPK sangatlah penting, terlebih MPK adalah organisasi yang mengawasi kinerja OSIS, jadi jika tidak ada MPK maka OSIS akan bekerja semaunya atau tidak sesuai dengan peraturan atau susunanya.




MPK SMA PGRI 3 Bogor mpk_smapgri3bogor@yahoo.com adalah salah satu contoh dari organisasi MPK, mungkin kebanyakan sekolah kurang peduli dengan keberadaan organisasi ini, karena memang organisasi ini lahir setelah OSIS, dan karena memang organisasi MPK tidak terjun langsung dengan kegiatan, maka dari itu banyak juga siswa/i yang kurang memahami bahkan mengenal organisasi MPK, nah, MPK SMA PGRI 3 memiliki beberapa solusi diantaranya dengan membuat kegiatan-kegiatan tersendiri, dan lambang-lambang yang dapt dilihat oleh siswa/i dan para guru seperti, pin atau almamater.


B. Cara Kerja MPK
MPK mempunyai PK atau Perwakilan Kelas pada setiap kelas. MPK dapat menampung ide-ide dari PK yang merupakan perwakilan dari setiap kelas sebagai penerima masukan-masukan dari warga kelas tersebut. Setelah itu MPK menyerahkan ide-ide tersebut kepada OSIS untuk kemudian diseleksi kembali untuk dapat dijadikan program kerja OSIS.
Sebelum OSIS menyerahkan ataupun melaporkan program kerjanya kepada Pembina, OSIS harus merapatkannya dalam Rapat Pleno terlebih dahulu dengan MPK dan PK dengan Pembina OSIS sebagai Penengah. Rapat Pleno diadakan tida kali satu tahun, yaitu:
1. Rapat Pleno I, laporan program kerja yang akan dilaksanakan dalam 1 tahun ke depan.
2. Rapat Pleno II, laporan kinerja OSIS selama 1 semester.
3. Rapat Pleno III, laporan pertanggung jawaban OSIS dalam kerjanya selama 1 tahun.
Setiap akan menjalankan atau melaksanakan programnya, OSIS harus mengadakan rapat terlebih dahulu dengan MPK.

C. Tugas-tugas MPK
Tugas utama dari MPK adalah memantau, mengawasi dan mengevaluasi kinerja OSIS selama masa baktinya. dan berikut secara keseluruhan :

1. Mengawasi, memantau dan membantu kinerja OSIS dalam melaksanakan program-programnya.
2. Mengevaluasi kinerja OSIS.
3. Mengadakan dan menyiapkan rapat Pleno.
4. Menyiapkan orasi pemilihan ketua MPK.
5. Menyiapkan orasi pemilihan ketua OSIS.
6. Menyeleksi calon anggota OSIS dan MPK untuk masa jabatan berikutnya.
7. Mengadakan PKO-PKM untuk calon ketua OSIS dan MPK.
8. Memilih calon ketua OSIS dan MPK yang akan melaksanakan orasi.
9. Tugas tambahan lainnya baik yang terprogram maupun yang incidental. Contoh: membersihkan lingkungan sekolah atas inisiatif MPK sendiri.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar